Identitas Nasional : Pengertian dan Unsur-unsur Pembentuknya


Bangsa Indonesia memiliki pluralitas etnik, agama, dan budaya yang tidak luput dari sejumlah persoalan yang muncul mengganggu masa depan dan masa ini. 

Dengan hal itu generasi pernerus harus memiliki yang namanya identitas. Identitas yang dimaksud adalah Identitas nasional bangsa indonesia.

Nah kita akan membahas tentang Identitas nasional yang harus ada pada generasi sekarang atau generasi milenial, agar generasi penurus mempunyai identitas bangsa yang harus dipahami. Dibawah adalah Pengertian dan Unsur pembentuk identitas nasional bangsa, yaitu bangsa indonesia.


Pengertian Identitas Nasional 

Identitas berasal dari bahasa inggris ;"Identity", yang berarti ciri-ciri, tanda, dan jati diri yang melekat pada seseorang yang membedakan satu dengan yang lain. Sedangkan menurut Terminologi, Identitas adalah sifat khas yang menerangkan dan sesuai dengan kesadaran yang mempengaruhi kesadaran diri pribadi, golongan, kelompok, komunitas, dan negara itu sendiri.

Identitas nasional berasal dari kata "national identity" yang artinya "kepribadan nasional" atau "jati diri nasional". kepridadian nasional atau jati diri nasional adalah jati diri yang dimiliki suatu bangsa. Oleh karena Itu setiap bangsa pastinya memiliki identitas nasional yang berbeda-beda.

Identitas nasional bangsa indonesia terbentuk karena adanya rasa yang sama, bahwa bangsa indonesia mempunyai pengalaman bersama, sejarah yang sama, dan penderitaan yang sama pada masa sebelum kemerdekaan bangsa indonesia. Pada masa penjajahan bangsa indonesia mengalami penderitaan baik fisik maupun non fisik yang dilakukan oleh penjajah. Dengan rasa penderitaan yang sama inilah yang membuat bangsa indonesia terdiri dari berbagai kelompok, suku bangsa, budaya, dan agama yang berbeda- beda ingin mewujudkan kenginan bersama-sama untuk mengusir penjajah dari negeri yang dicintai. Dengan pengalaman-pengalaman seperti inilah yang membuat terbentuknya suatu identitas nasional. Identitas nasional ini juga saling membentuk identitas-identitas yang laninya yang bekerja sama satu identitas dengan identitas yang lain

Lahirnya identitas suatu bangsa tidak terlepas dari dua faktor, berikut adalah faktor-faktor terbentuknya suatu bangsa

  1. Faktor Obyektif, yaitu faktor yang berkaitan dengan keadaan geografis, ekologi, dan demografis sutau bangsa yang berkaitan.
  2. Faktor Subyektif, yaitu faktor-faktor yang berkaitan dengan faktor historis, politik, sosial masyarakat, dan kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa itu.

Lahirnya identitas nasional bangsa indonesia juga bisa dari kondisi geografis-ekologi yang membentuk bangsa indonesia, daerah kepulauan indonesia yang beriklim tropis dan terletak di wilayah Asia Tenggara, juga ikut mempengaruhi perkembangan kehidupan antar domografis, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa indonesia. 

Selain faktor historis yang sudah disinggung diatas, identitas nasional bangsa indonesia juga bisa melalui faktor interaksi antar masyarakat, interaksi inilah yang melahirkan pembentukan bangsa, negara beserta identitas bangsa indonesia.

Robert de Ventos ( dalam Castells, dalam Cipto, et.al, 2002:104) mengemukakan teori tentang menculnya identitas nasional sebagai hasil interaksi :

  1. Faktor primer, yang mencangkup etnisitas, teritorial, bahasa, agama dan sebagainya.
  2. Faktor pendukung, yang meliputi komunikasi dan teknologi yabg mampu melahirkan angkatan senjata modern, dan sentralisasi monarki.
  3. Faktor penarik, mencangkup kondisi bahasa dalam gramatika yang resmi, tumbuhnya birokrasi, pemantapan sistem pendidikan nasional.
  4. Faktor reaktif, meliputi penindasan, dominasi, dan pencarian identitas alternatif melalui memori rakyat itu sendiri.

keempat faktor tersebut yang pada dasarnya mampu membentuk identitas suatu bangsa yang berkembang dari masa lalu ke masa sekarang. Munculnya sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 juga mendukung rasa nasionalisme bangsa indonesia dan penemuan identitas nasional. 


Unsur-unsur Pembentuk Identitas Nasional

Menurut Rosyada (dalam 2003:29-31) unsur pembentuk identitas nasional ada empat, yaitu :

1. Suku Bangsa

Unsur-unsur Pembentukan Identitas Nasional

Suku bangsa adalah golongan sosial khusus yang bersifat lahiriah, yang berarti golongan ini ada sejak bayi, yang sama dengan umut seseorang dan jenis kelamin dari oranng tersebut.

Keragaman suku bangsa dapat berkembang, dapat terlihat dari sifat dan sikap dari kehidupan sehari-hari, berikut adalah diantaranya :

  • Kehidupan bermasyarakat, terciptanya kerukunan dalam keluarga
  • Antar warga masyarakat terdapat hal yang baik seperti tolong menolong, kerja sama untuk memecahkan masalah, dan saling bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Menyelesaikan urusan bersama melalui bermusyawarah.
  • Adanya kesadaran dan mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi.


2. Agama

Unsur-Unsur Pembentuk Identitas Nasional

Dinegara kita ini terdapat lima agama yang saling berdampingan satu sama lain, Kurang lebihnya sebagai berikut :

  • Katholik
  • Kristen
  • Hindu
  • Budha, dan
  • Kong Hu Cu

lima agama ini saling menghormati satu sama lain bagi para pemeluk agama masing-masing walaupun berbeda kepercayaan. Dan kita sebagai warga negara yang baik harusnya menghormati satu sama. 


3. Kebudayaan 

Unsur-unsur Pembentuk Identitas Nasional

Kebutuhan akan kebudayaan nasional itu semakin kuat apabila negara tersebut memiliki masyarakat majemuk dengan keanekaragaman kebudayaan. Kebudayaan juga akan diterima kerangka acuanya bagi suatu negara, dan akan lebih terasa kuat apabila negara tersebut baru merdeka.


4. Bahasa

Unsur-unsur Pembentuk Identitas Nasional

Bahasa merupakan pendukung dari identitas nasional, bahasa nasional yang mudah dpahami dan unsur ucapanya manusia dan digunakan sebagai sarana berinteraksi antar manusia. 

Pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda mengikrarkan sumpah pemuda yang berisi :

  1. Kami putra-putri indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
  2. Kami Putra-putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  3. Kami Putra-putri Indonesia, menjungji bahasa persatuan, Bahasa Indonesia


Diatas adalah Pengertian dan Unsur-unsur Pembentukan Identitas suatu negara. Identitas negara harus dimiliki bagi para rakyat yang hidup dinegarai itu.

Kenapa identitas harus ada? karena suatu negara tanpa identitas yang jelas maka negara tersebut akan terjadi kekacauan. Kekacauan tersebut terjadi karena perbedaan-perbedaan yang ada pada negara itu.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Komentar

Belajar-k : Populer Post

Bongkar Rahasia Belajar Efektif: Teknik dan Materi Terbaik untuk Sukses

Ciri-ciri Masa paleozoikum serta Pembagian masanya