Kehidupan Masa Mesozoikum : Ciri-ciri, Pembagian masa, dan Kepunahan Masa Ini


Seperti pada penjelasan pada halaman sebelumnya, pada masa atau zaman ini makhluk hidup dengan berbadan besar mulai berkembang dengan pesat. 

Hal tersebut terjadi karena bumi sudah layak untuk ditinggali dengan cuaca yang lumayan stabil. Cuaca dan Iklim pada masa mesozoikum ini sudah mulai hangat, oleh karena itu, makhluk hidup yang tinggal di bumi bisa berkembang biak dengan pesat. 


Ciri- Ciri dari Masa Mesozoikum

Kehidupan masa mesozoikum

Apakah dari kalian tahu ciri-ciri atau karakteristik dari masa mesozoikum? ciri atau karakteristik dari masa ini bisa dibilang makhluk hidupnya memiliki ukuran tubuh yang raksasa, oleh karena itu masa ini terdapat berbagai macam ciri atau karakteristik yang spesial dari masa mesozoikum, antara lain sebagai berikut ini:

  1. Berlangsung kurang lebih 245 hingga dengan 65 juta tahun yang lalu.
  2. Terdapatnya kegiatan tektonik, evolusi, serta perubahan cuaca atau iklim.
  3. Daratan– daratan alami perpindahan sehingga daratan menyatu satu dengan yang lain.
  4. Masa Mesozoikum merupakan puncak dari pertumbuhan dinosaurus
  5. Terdapatnya banyak hewan raksasa yang biasa disebut dengan dinosaurus antara lain tyrannosaurus, spinosaurus serta sampai dinosaurus
  6. Keadaan cuaca di bumi pada waktu itu lumayan hangat sehingga menunjang untuk kehidupan makhluk hidup 
  7. Pergantian ini menimbulkan kekuatan tektonik yang melahirkan 2 daratan baru yaitu daratan Laurasia serta daratan Gondawana
  8. Cuaca dibumi lebih normal dari pada masa sebelumnya.
  9. Masa Mesozoikum menggambarkan dasar dari kehidupan pada masa modern.

Pembagian Masa Mesozoikum 

Pembagian masa ini terjadi kurang lebih terjadi pada 245 sampai dengan 65 juta tahun yang lalu. Sehingga akan lebih mudah untuk menentukan waktu pengelompokan yang tepat pada masa itu. Berikut ini adalah 3 pembagian yaitu :

1. Masa Trias

Diperkirakan, masa trias ini ada kurang lebih pada 245 juta hingga dengan 208 juta tahun yang lalu. Masa trias menggambarkan masa dimana para hewan reptil serta dinosaurus raksasa mulai bermunculan ke muka bumi. Kemudian, terdapatnya amonit terus menjadi banyak, gastropoda, serta bivalvia yang semakin bertambah pertumbuhannya. Tidak hanya itu, Cynodont sejenis reptilia yang mirip dengan mamalia pemakan daging pula tumbuh sangat banyak sekali. Mamalia yang awal kali mulai bermunculan serta serta reptil air semacam kura– kura dan penyu pula terus menjadi banyak.

Pada masa trias, daratan Pangea bergerak mengarah utara serta membentuk gurun disitu. Susunan es disisi selatan mencair serta celah- celah mulai tercipta di Pangea.


2. Masa Jura

Diperkirakan, masa pula ini ada kurang lebih 208 juta hingga dengan 145 juta tahun yang lalu. Masa jura menggambarkan masa kejayaan bagi Dinosaurus yang menguasai daratan. Sebaliknya, lautan dikuasai oleh reptil laut semacam Ichthyosaurus serta Plesiosaurus serta di udara dikuasai oleh reptilia terbang semacam Pterosaurus serta Pterodactyl. Di Indonesia, pernah ditemukan fosil dari gigi Ichthyosaurus( sejenis reptil laut yang hidup sezaman dengan Dinosaurus).

Pada masa mesozoikum ini juga terdapat tanaman semacam Ginko, Benetit serta Sequoia yang sangat melimpah ruah dan keberadaan konifer. Di masa jura, daratan Pangea terpecah yang mengakibatkan bagian Amerika Utara terpisah dari afrika, sebaliknya Amerika Selatan terlepas dari antartika.


3. Masa Kapur

Diperkirakan, masa kapur ini ada kurang lebih 145 juta hingga dengan 65 juta tahun yang lalu. Masa kapur merupakan zaman kejayaan untuk dinosaurus serta reptilia terbang. Disini, mamalia serta pula tanaman yang berbunga mulai berkembang jadi bermacam berbagai serta wujud.

Masa ini pula menjadi masa dimana mamalia berplasenta tumbuh pertama kali serta pada masa kapur, hawa ataupun cuaca pula mulai timbul.Pada masa kapur ini pula, negeri India terlepas jauh dari Afrika dan bergerak mengarah Asia.


Kepunahan Masa Mesozoikum

Kehidupan masa mesozoikum

Apa yang kamu ketahui dari kepunahan masa mesozoikum? kepunahan ini bisa dibilang menjadi kepunahan masal bagi makhluk hidup di bumi. Kejadian kepunahan besar- besaran ini berlangsung pada masa kedua di akhir periode kapur yang terjadi kurang lebih 65 juta tahun lalu. Kepunahan ini  menjadi ciri berakhirnya masa mesozoikum, dan awal dari masa kenozoikum.

Banyak teori yang menerangkan mengenai kepunahan dari masa mesozoikum, contohnya yaitu teori tentang meteorit raksasa yang membentur bumi dengan dahsyat. Benturan dari meteorit tersebut menimbulkan panas dan kebakaran hebat yang menciptakan asap serta awan tebal. Awan tebal tersebut membatasi cahaya matahari masuk ke bumi. Sehingga menyebabkan pendinginan global serta penipisan oksigen. 

Oleh karena itu, tanaman yang sangat membutuhkan paparan dari cahaya matahari untuk fotosintetis akhirnya tidak dapat berfotosintesis yang akhirnya membuat tanaman lama kelamaan mati dan memutuskan rantai makanan. Hal tersebut membuat para hewan atau makhluk hidup yang ada dibumi secara perlahan mati dan mengakibatkan kepunahan masal 

Dinosaurus yang dimana kita tahu merupakan hewan berdarah panas raksasa, juga tidak sanggup bertahan hidup pada hawa semacam itu. Sehingga pada akhirnya punah. Pada kejadian tersebut ada sebagian tipe kehidupan yang punah, antara lain ialah: Dinosaurus, Pterosaurus, Ichthyosaurus, Plesiosaurus dan kelompok fauna moluska( Amonit serta Belemnit) dan sebagian besar dari Brakiopoda.




Komentar

Belajar-k : Populer Post

Bongkar Rahasia Belajar Efektif: Teknik dan Materi Terbaik untuk Sukses

Ciri-ciri Masa paleozoikum serta Pembagian masanya