Karakteristik atau Ciri-ciri Kelas Pelecypoda (Bivalvia)

Kelas pelecypoda
Karakteristik Kelas Pelecypoda (Bivalvia)
 

Seperti pada artikel sebelumnya filum mollusca di bagi menjadi beberapa kelas, diantaranya yaitu Kelas Pelecypoda atau yang biasa disebut dengan Bivalvia atau Lamellibranchiata. Hewan pada kelas ini merupakan kelas terbesar kedua setelah setelah Kelas Gastropoda Jumlah untuk spesies kelas ini juga sekitar 10 ribu dan semuanya merupakan hewan yang hidup di air (organisme air), dan paling mayoritas hidup di air laut dan minoritas yang hidup di air tawar. 

Kelompok hewan pada Kelas Pelecypoda termasuk ke dalam hewan seperti : kerang, tiram dll. Dibawah ini akan dijelaskan seperti apa saja hewan kelas pelecypoda, ciri-ciri, karakteristik,


Pengertian Pelecypoda (Bivalvia)

Pelecypoda bisa diartikan dengan hewan "kaki tapak", alasanya kenapa hewan dari kelas ini disebut dengan demikian karena memiliki kaki yang berbentuk pipih mirip seperti kapak. 

kelas ini juga biasa disebut dengan bivalvia yang dapat diartikan "dua daun pintu" alasanya karena hewan ini memiliki sepasang cangkang yang dapat dengan mudah di buka dan tertutup (berengsel). Bivalvia adalah nama yang paling umum digunakan dibandingkan dengan nama-nama yang lain dan nama yang paling populer juga tentunya.


Ciri-ciri atau Karakteristik Hewan Kelas Pelecypoda (BIvalvia)

Ciri-ciri yang paling mencolok dari hewan kelas bivalvia ini terletak pada sepasang cangkang yang yang memiliki fungsi seperti engsel. Cangkang tersebut berbentuk simetri bilateral dangan ligamen engsel yang berada di bagian tengah. Kita juga bisa membedakan antara bagian anterior dan posterior dengan cara melihat apakah ada tonjolan pada cangkang tersebut. Tonjolan ini sering disebut dengan sebutan Umbo.

Kaki pada kelas bivalvia ini berbentuk pipih seperti kapak, akan tetapi terdapat pula hewan dari jenis bivalvia tidak terlalu kelihatan, kaki yang tidak kelihatan ini biasanya berbentuk seperti lidah yang dapat terjulur ketka hewan ini akan mengubur diri kedalam pasir.

Hewan dari kelas ini tidak memiliki kepala dan tidak juga memiliki redula, mereka mencari makanan dengan cara menyaring partikel-partikel makanan dengan Ctenidium. Ctenidium ini berfungsi layaknya ingsang yang berlapis-lapis sehingga hewan ini bisa menyaring makanan dan juga bernapas.

Di bagian posterior terdapat pula saluran untuk keluar atau masuknya air yang disebut dengan Sifon, nah sifon ini bisa membawa partikel makanan dan oksigen, dan kemudian dikeluarkan. 

Sistem saraf pada hewan kelas ini terdiri dari tiga pasang ganglion, tigas pasangan ini berupa :

  1. Ganglion anterior, dekat lambung.
  2. Ganglion posterior, dekat otot aduktor posterior.
  3. Ganglion pedal, dekat kaki.


Contoh Hewan Kelas Pelecypoda (Bivalvia) 

Mungkin dari kalian sudah ada yang tahu akan apa saja contoh hewan yang termasuk ke dalam kelas bivalvis ini. Dengan identifikasi diatas sebernanya sudah bisa kalian ketahui, namun untuk memperpanjang artikel saya kan mengisinya hehe😁..... Contoh hewan kelas bivalvia sebagai berikut :

  1. kerang laut
  2. Kijing air tawar
  3. Kerang darah
  4. Kerang hijau
  5. Tiram Mutiara 
  6. dll. 


Mungkin diatas artikel mengenai Penjelasan kelas Pelecypoda (Bivalvia), Ciri atau karakteristik, dan contoh hewan yang termasuk ke dalam kelas ini. 

Semoga membantu


Komentar

Belajar-k : Populer Post

Bongkar Rahasia Belajar Efektif: Teknik dan Materi Terbaik untuk Sukses

Ciri-ciri Masa paleozoikum serta Pembagian masanya