Pengertian Kelas Gastropoda ,Struktr Tubuh, Ciri-cir, dan Contoh Hewan

 Kelas gastropoda merupakan kelas yang paling gampang untuk kita temui setiap harinya, karena hewan dari kelas ini hidup di daerah-daerah yang banyak terdapat air, seperti : sungai, kolam ikan, dan persawahan. 

Gastropoda

Setelah pada kesempatan lalu saya membahas tentang filum mollusca , tidak afdol apa bila kita juga tidak membahas lebih banyak tentang kelas-kelasnya juga. Nah dibawah ini saya akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri, struktur tubuh, dan contoh hewan dari kelas gstropoda.


Pengertian kelas gastropoda 

Gastropoda atau lebih dikenal dengan sebutan siput atau siput telanjang adalah salah satu kelas toksonomi dari Filum Mollusca. Kelas ini juga meliputi berbagai jenis siput dan siput telanjang dari yang berukuran mikroskopis sampai ukuran yang besar. Di dunia ini banyak sekali atau bisa dibilang ribuan spesies dari siput dan siput telanjang entah itu siput air tawar, limpet, siput darat, sebagainya.

Gastropoda berasal dari bahsa yunani dengan kata gaster yaitu perut dan podos yaitu yang berkaki, jadi gastropoda adalah hewan dengan tubuh lunak yang dapat berjalan dengan perutnya. Hewam yang masuk dalam kelas gastropoda rata-rata bersifat herbifora yaitu pemakan tumbuhan, oleh karena itu hewan-hewan ini sering disebut sebagai hama bagi para petani yang bekerja pada bidang budidaya sayuran, seperti para petani dan sebagainya. 

Kelas gastropoda ini juga terdapat cangkang tunggal dan ganda, bahkan terdapat pula yang tidak memiliki cangkang, Bentuk cankang ini bervariasi dari yang berbentuk bulat, bulat panjang, bulat kasar, atau bahkan bulat spiral. Cangkang ini berfungsi sebagai pelindung tubuh bagian dalam dan melindungi pula kepala, dan kaki dari para  predatornya. Cangkang ini dapat ditutup oleh epifragma.

Di bagian dalam cangkang terdapat pula mantel yang membungkus seluruh tubuh dari kelas gasropoda, dan mantel ini juga berfungsi untuk membentuk ekskresi untuk membentuk cangkang baru. 


Struktur tubuh kelas gastropoda

Tubuh siput ini terdiri dari bagian atas kepala dan badan. struktur kepalanya sudah tampak dengan jelas terdapat dua pasang tentakel dan mulut. Dua pasang tentakel yang berada di kepala ini bisa juga meliputi tentakel dengan mata (untuk siput yang hidup di darat) dan bisa juga sepasang tentakel sebagai indra pembau. Sedangkan untuk mulut gastropoda juga telah berkembang dengan baik yang terletak di bagian ujung anterior dan dilengkapi dengan rahang dari zat tanduk serta lidah parut (radula) yang terletak di bagian perut. 

Alat peredaran darah dari kelas ini terdiri dari jantung dan pembulu darah yang masih sederhana. Jantung pada siput ini terdiri dari serambi dan ventrike yang berada di rongga dalam parikardial. Sedangkan untuk peredarn darah menggunakan sistem peredaran darah terbuka. 

Alat respirasi gastropoda berupa insang (bagi yang di air) dan paru pulmonum (bagi yang di darat). Rongga mantel juga kadang - kadang melakukan fungsi respirasi, Untuk pulmonum berfungsi sebagai jalinan pumbuluh darah yang terhubung dengan jantung. Alat ekskresi berupa ginjal terdaoat di sebelah jantung, dan ginjal ini juga memiliki saluran ekskresi yang bermuara di mantel.

Syaraf pada kelas gastropoda terdiri dari tiga pasangan, yaitu ganglion, viscreral, ganglion pedal, dan ganglion serebral. Dibawah syarah ganglion pedal terdapat sepasang alat yang berfungsi sebagai keseimbangan (statosit).


Ciri - ciri hewan kelas gastropoda

Ciri yang paling khas hewan gastropoda yaitu cangkang tunggal, oleh karena itu dahulu sering disebut dengan univalve, akan tetapi untuk sekarang hewan gastropoda juga terdapat pula tanpa cangkang. Pada akhirnya siput yang tidak memiliki cangkang ini disebut dengan siput yang kehilangan cangkang karena proses evolusi yang gagal. hewan dengan kelas gastropoda ini memiliki kepala dengan sepasang tentakel atau bahkan ada juga yang terdapat sampai empat buah tentakel, tentakel ini juga berfungsi sebagai reseptor kimiawi (mekanis) dengan mata yang terletak pada ujung tentakelnya. 

Hewan lunak dari kelas gastropoda ini memiliki kaki di bagian ventral, sedangkan pada kaki bagian paling depan disebut dengan propodium yang berfungsi sebgai pendorong sedimen pada saat siput merayap pada permukaan.

Hewan dalam kelas ini mencari atau memperoleh makanan dengan struktur yang bernama radula. Radula adalah struktur yang menyerupai tali atau lidah kasar, radula juga sering disebut dengan lidah parut yang terdapat ratusan gigi mikroskopis yang berguna untuk memarut atau mengkikis makanan sehingga memudahkanya untuk mencerna.


Contoh hewan kelas gastropoda 

Ada banyak sekali contoh hewan yang termasuk kedalam golongan gastropoda, untuk hewan-hewanya sebagai beeikut :

  • Vivipara javanica (kreco)
  • Limnaea truncatula (siput perantara fasciolosis)
  • Melania testudinaria (sumpil)
  • Achantina fulica (bekicot)
  • Ampularia ampulacea (keong gondang)
  • Vivipara javanica (kreco)
  • Limnaea trunchatula (Siput sebagai hospes perantara Fasciola
  • hepatica)
  • Murex siphelinus (cangkok berduri dan hidup di laut)
  • Vaginula sp. (siput telanjang)
  • Filicaulis sp. (siput lintah)

Diatas adalah penjelasan tentang artikel yang membahas Pengertian hewan kelas gastropoda, Struktur tubuh kelas gastropoda, ciri-ciri kelas gastropoda, dan contoh hewan yang termasuk kedalam kelas gastropoda. 

Dengan pembahasan diatas mungkin membantu kalian yang kepo atau sedang belajar lebih banyak dari berbagai kelas-kelas filum mollusca. Sekian dan Terima kasih 

Komentar

Belajar-k : Populer Post

Bongkar Rahasia Belajar Efektif: Teknik dan Materi Terbaik untuk Sukses