Klasifikasi Sub Kelas Dari Filum Gastropoda

Pengertian Fillum Gastropoda adalah hewan dengan tubuh lunak dan berjalan dengan perut . Filum gastropoda termasuk ke dalam kelas Molluska dengan berciri-ciri berjalan dengan perut. Nah pada artikel ini kita akan membahas tentang sub kelas yang termasuk ke dalam Fillum Gastropoda.

Klasifikasi Filum Gastropoda

Klasifikasi gastropoda sampai saat ini masih mengalami perubahan karena kelas ini terus berevolusi, yang pada akhirnya kelas atau taksonomi yang ada masih belum akurat. Kelas atau taksonomi ini sedang dalam penyusunan ulang menjadi berbagai kelompok monofiletik, 

Dengan demikian, mungkin dimasa mendatang para ilmuan akan menemukan kelas atau taksonomi baru dari filum gastropodaini. Namun, pada saat ini para filum gastropoda dapat diklasifikasikan menjadi beberapa sub kelas, diantaranya adalah :

Opisthobranchia

Sub kelas Opisthobranchia memiliki ciri yaitu insang di sebelah kanan dan di belakang jantung. Seperti yang sudah dijelaskan diatas opisthobranchia termasuk ke dalam kelas filum molluska yang terdiri dari sea hares dan sea slugs. 

Sub kelas ini mempunyai cangkang yang kecil tapi tidak sama dan tekadang warnanya pun cerah dan memiliki ingsang eksternal yang sangat mencolok. Hewan dari sub kelas opisthobranchia berukuran makroskopis dengan memiliki panjang 2mm-500mm. 

Prosobranchia

Sub kelas filum gastropoda selanjutnya adalah prosobranch. Sub kelas jenis ini merupakan sub kelas siput dengan memiiki kurang lebih 20.000 spesies. Prosobranch merupakan jenis siput yang bisa di laut dan juga ada yang hidup di air tawar. 
Sebagian besar dari Sub kelas prosobranchia memiliki insang di rongga mantel dan terletak di depan jantung. Akan tetapi, jenis dari sub kelas ini beberapa juga ada yang memiliki struktur pernafasan yang berbeda. Perbedaan struktur ini terletak pada pernafasanya yang ada pada mantelnya

Pulmonata

Sub kelas pulmonata ini biasanya memiliki ciri-ciri yaitu bernafas dengan pari\u-paru, dan memiliki tentakel yang berada pada kepalanya. Sub kelas ini mudah dikenali karena organ reproduksinya yang berumah satu atau hermaprodit. Kelas pulmonata juga memiliki mantel yang terletak di interiornya, dengan cangkang yang berbentuk spriral namun ada beberapa dari jenis ini yang tidak memiliki cangkang. Pulmonata juga memiliki sub kelas lagi yaitu Achatina. 


Diatas adalah Sub Kelas Dari Filum Gastropoda yang sampai saat ini dapat diklasifikasikan. Dari sub kelas yang sudah djelaskan diatas kebanyakan adalah hewan yang berhabitat di air. Hal itu terjadi karena filum gastropoda sendiri memang struktur tubuhnya didesain untuk berada di perairan, filum ini juga sangat sering kita temukan karena habitatnya yang berada diperairan dangkal. 
 
Filum gastropoda juga memiliki berbagai varisai yang dapat kita temukan, contohnya gsatropoda yang dapat hidup dengan menempel pada batang atau akar, dan bahkan ada juga yang dapat hidup dengan menepel di bawah atau diatas terumbu karang, dan bahkan ada juga yang berada diatas pasir dengan menyembuntikan tubuhnya di dalam pasir untuk menghindari pemangsa atau predator..

Komentar

Belajar-k : Populer Post

Bongkar Rahasia Belajar Efektif: Teknik dan Materi Terbaik untuk Sukses

Ciri-ciri Masa paleozoikum serta Pembagian masanya